Cara Mudah Membuat Teh Tarik Original Cukup 10 Menit

Siapa sih yang nggak tau teh? Pastinya semua tau dong. Teh adalah salah satu minuman yang selalu bisa kita temukan di menu minuman warung makan ataupun reatoran mana saja. Tak hanya di tempat yang mewah ataupun di rumah saja. Bahkan teh juga bisa kita temukan di angkringan di pinggir jalan dan juga warteg. Citarasa yang khas selalu menjadi minuman favorit orang, apalagi kalau dinikmati dengan tambahan es batu akan semakin menghilangkan dahagamu atau kalau lagi butuh yang bikin tenang. Membuat minuman teh itu nggak ribet, cukup seduh teh dengan secangkir air hangat jadi deh.
Cara mudah membuat teh tarik


Kali ini akan kita bahas soal teh tarik nih gaes. Teh tarik adalah minuman manis berupa teh dicampur dengan susu. Minuman ini sudah tidak asing lagi kalau di Asia Tenggara, khususnya wilayah Malaysia. Teh tarik ini biasanya dijual oleh orang India Muslim di Malaysia dan Singapura. Sehingga teh tarik dijadikannya sebagai minuman nasional negara tersebut. Namun, teh tarik ini juga bisa ditemukan di beberapa tempat di Indonesia, antara lain di Kepulauan Riau, dan juga Aceh. Biasanya orang sana menyebutnya dengan nama teh tarek.

Cara membuat teh tarik secara logika berarti ‘teh yang ditarik’ itulah yang dilakukan penjualnya ketika membuat minuman ini. Teh dan susu dituangkan antara dua cangkir, terus-menerus sampai mencapai tekstur yang berbusa. Para penjual sekaligus pembuat teh tarik yang terampil seperti layaknya seniman, dalam prosesnya mereka tidak pernah menumpahkan setetes pun. Lebih dari sekedar kepiawaian memainkan pertunjukan dan juga tradisi, dalam menuangkan teh tarik melalui atas bertujuan untuk mendinginkan teh sekaligus untuk menghasilkan lapisan berbusa di permukaan minuman.

Cara membuatnya yang cukup unik


Minuman ini berupa teh yang dituangkan dari satu gelas ke gelas lainnya layaknya bartender sedang meracik minuman. Dalam proses menarik ini, kandungan teh menjadi semakin berwarna pekat dan juga aromanya khas keluar. Selain itu proses penarikan juga bertujuan mendinginkan suhu minuman dan membuat lapisan busa lembut di bagian atasnya yang terbentuk karena adanya kandungan gula di dalam air teh.

Teh tarik adalah minuman yang banyak dijual di rumah makan di malaysia, dan biasanya disajikan dengan hidangan seperti nasi lemak, roti canai dan roti telur. Bubuk teh yang dijual kiloan di Malaysia itu sering kali digunakan untuk membuat teh tarik. Setelah teh diseduh, teh disaring dengan kain kasa layaknya membuat kopi oleh barista, setelah itu teh dicampur dengan susu kental manis.

Minuman satu ini saat ini begitu menarik perhatian. Maka, tak heran jika beberapa produsen minuman kemasan memproduksi teh tarik dalam bentuk kemasan siap minum. Kita pasti sering melihat teh tarik dalam bentuk kemasan ketika berada di supermarket maupun minimarket.

Nah, bagi yang nggak mau membeli teh tarik yang instan, tak ada salahnya kalau membuat sendiri di rumah. Berikut cara membuat teh tarik original.

Baca juga: Cara membuat Teh Tarik Jelly Dingin

Teh Tarik Original


Bahan cara membuat teh tarik original:


1 pcs teh celup

100 ml air panas

3 sdm susu kental manis

Cara membuat teh tarik original:


1. Siapkan teh tubruk lalu tuangkan ke dalam gelas.

2. Panaskan air, setelah panas lalu angkat dan tuangkan ke dalam gelas berisi teh tubruk.

3. Tambahkan susu kental manis tadi dan aduk hingga rata.

4. Tuangkan teh ke dalam gelas lainnya sambil ditarik keatas hingga berbusa.

5. Teh tarik siap diminum.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Pantai Tersembunyi Di Malang Yang Menawan